Hujan asam: fenomena yang membahayakan kehidupan

HUJAN ASAM: FENOMENA YANG MEMBAHAYAKAN KEHIDUPAN

Bagaimana hujan asam dapat terjadi? Mengapa dampaknya dapat membahayakan kehidupan?

oleh Julia  

pict from pinterest
https://pin.it/1spN8Av
 


            Sebagian orang pasti menyukai momen saat hujan         datang, entah karena suasananya yang sejuk, suara hujan         yang menenangkan pikiran, atau bahkan sebagai perantara      mengingat suatu kejadian yang membekas.

            Disamping itu, tahukah kalian bahwa hujan juga             memiliki sisi yang merusak kehidupan kita. Beberapa dari      kita mungkin bertanya-tanya akan hal ini. Hujan kan               hanya sebuah peristiwa jatuhnya air dari langit ke bumi,      mengapa bisa hujan dikatakan merusak?

      Jawabannya, bisa kalian temukan pada penjelasan di              bawah ini yaaa




Mengenal lebih dulu, apa itu hujan asam?

Hujan asam yaitu hujan yang memiliki pH rendah dengan disertai sifat korosif di dalamnya sehingga dapat mengikis benda-benda yang terkena airnya. Dampaknya bukan hanya membuat beberapa benda mengalami korosi, namun juga berdampak ke berbagai aspek seperti kesehatan, pertanuan, ekosistem, dll. Biasanya, hujan asam terjadi di daerah kawasan industri, tetapi kondisi lain juga memungkinkan terjadinya hujan asam yaitu di daerah yang jauh dari pencemaran. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan terjadinya hujan asam terbentuk karena udara yang mengandung asam kemudian saat hujan turun, asam tersebut larut dalam air kemudian ikut turun ke bumi. 

Penyebab terjadinya hujan asam

pict from pinterest
https://pin.it/16NvXJt

Salah satu faktor mengapa hujan asam diprediksi seringkali terjadi di kawasan industri adalah karena polutan yang dihasilkan dari limbah industri menjadi penyebab utama. Polutan utama yang menyebabkan terjaidnya hujan asam adalah NOx dan SOx, kemudian didukung dengan adanya polutan-polutan lain yang ada di udara seperti particulate matter, CO2, dll. Kedua polutan utama yaitu NOx dan SOx akan teroksidasi di atmosfer dan awan akan membentuk asam nitrat dan sam sulfat. Asam-asam inilah yang dibawa oleh air hujan turun ke bumi dan kemudian meresap ke dalam tanah, membasahi segala sesuatu yang ada di bumi. Saat hujan asam ini  meresap ke dalam tanah, tentunya akan mengubah pH tanah juga, yang nantinya akan berdampak kepada tanaman yang tumbuh di atasnya. Hal ini menyangkut kepada kesuburan lahan yang termasuk dampak dari hujan asam dalam aspek pertanian. 

Penggunaan bahan bakar fosil dan biomassa juga menjadi faktor pemicu terjadinya hujan asam karena efek samping yang ditimbulkan adalah meningkatnya emisi S dan N dalam udara. Bukan hanya disebabkan dari faktor kegiatan manusia saja, hujan asam juga dapat terjadi akibat fenomena alam terjadi salah satunya yaitu, gunung meletus.

Lalu, bagaimana dampaknya terhadap kehidupan?

Salah satu dampak yang secara langsung dapat kalian tebak adalah terjadinya kerusakan bangunan akibat sifat korosif yang dibawa oleh hujan, hal ini tentunya mengancam keberlangsungan industri. Beberapa dampak yang lain dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Kesehatan
    Dengan adanya hujan asam, manusia menjadi lebih mudah menghirup udara yang sudah tercemar,       belum lagi kemungkinan kandungan logam berat yang masuk ke dalam tubuh manusia. Logam    
    berat tersebut terbebaskan dari unsur dalam tanah yang berpH rendah akibat menyerap air hujan yang
    asam. 
2. Pertanian
    Senyawa SOx dan NOx yang terkandung dalam hujan asam akan terakumulasi dalam tanah yang           kemudian dapat mempercepat terjadinya penuaan pada bagian daun tanaman. Selain itu, jaringan           pada tanaman juga mengalami kerusakan sehingga kualitas dari tanaman tersebut akan menurun.
3. Ekosistem akuatik
    Populasi ikan akan menurun akibat kesulitan beradaptasi ketika pH lingkungan perairannya berubah      menjadi asam karena pengaruh dari hujan asam. 

Jika ditinjau dari semua aspek tentunya pembahasan mengenai dampak dari hujan asam tidak akan ada ujungnya, karena semuanya adalah satu kesatuan. Untuk itu, setelah mengetahui dampak dari terjadinya hujan asam diharapkan teman-teman bisa segera bergerak untuk menjaga lingkungan mulai dari hal-hal yang kecil. 


ㅡsampai jumpa di universe berikutnya!

Source:

https://infostudikimia.blogspot.com/2021/10/apa-itu-hujan-asam-dalam-kimia.html

https://www.researchgate.net/publication/329731694_REVIEW_JURNAL_HUJAN_ASAM_DAN_PERUBAHAN_KADAR_NITRAT_DAN_SULFAT_DI_CIBINONG

https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/jppl/article/view/788/pdf



Komentar

Postingan Populer